img
asatunews
SEKILAS JAKARTA
  • Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika
  • Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.
  • Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.
  • WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.
  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.
Sabtu, 25 Januari 2014 - 23:17:54 WIB

Memuji Anak Tanpa Membuatnya Gila Pujian

Penulis : shinta sari
Kategori: Artikel - Dibaca: 892 kali

Memuji anak ada caranya. Jika terlalu berlebihan, ditakutkan anak tumbuh menjadi "gila pujian" atau malah tidak percaya diri jika tidak dipuji. Nah, pujian seperti apakah yang bisa Anda berikan kepada anak? Berikut 10 hal yang bisa Anda katakan kepada anak sehari-hari untuk tetap menjaga mereka terinspirasi.

1.  I love you! 

Untuk mengatakan ketiga kata ini, Anda tidak perlu "mencari waktu yang tepat". Katakan kapan dan di mana saja. Ini harus menjadi kata prioritas bagi Anda untuk anak setiap hari sekalipun Anda sangat sibuk!

2. Ibu senang melihatmu

Ucapkan saat anak pulang sekolah atau kembali dari tempat lain. Itu menandakan kalau kehadirannya begitu berarti bagi Anda dan mereka juga akan merasa diterima dan dicintai.

3. Kamu membuat ibu bangga

Ketika anak berhasil mencapai sesuatu, seperti mengegolkan bola ke gawang, mendapat nilai 100 pada ujian matematika, atau lainnya, katakan ini. Pujian ini bisa mengangkat semangat dan kepercayaan diri ke tingkat lain.

4. Ibu ingin mendengar lebih banyak tentang hal itu

Pernahkah anak menghampiri Anda seraya menceritakan hal menarik yang baru saja dialaminya, tetapi Anda tidak menggubrisnya karena sibuk dengan hal lain? Ladies, bukankah mendengarkannya bicara tidak membutuhkan waktu seharian? Jadi, tinggalkan pekerjaan Anda sejenak dan dengarkan ceritanya!

5. Ibu percaya kepadamu

Layaknya manusia biasa, anak pasti akan merasa kecewa jika tidak dapat memenuhi harapan orangtua meski sudah bekerja keras. Dalam situasi seperti itu, jangan marahi anak dan menuntutnya berlebihan. Sebaliknya, tetap berikan kepercayaan kepadanya. Katakan bahwa Anda memercayai suatu saat nanti ia pasti bisa melakukannya. Bukankah setiap kesuksesan butuh waktu?

6. Kamu membuat ibu terkesan

Anak Anda akan sangat bangga jika mendengar Anda mengatakan betapa Anda terkesan kepadanya.

7.Apa yang ingin kamu lakukan?

Bisa jadi pertanyaan ini benar-benar anak tunggu. Selalu berikan ia kesempatan untuk melakukan apa yang ia ingin lakukan meski Anda tahu kalau itu salah atau tidak mungkin. Apa pun hasilnya, itu akan memberikannya pengalaman dan pelajaran berharga.

8. Aku percaya kepadamu

Hal baik dan benar yang Anda ingin anak lakukan bisa jadi ditentang anak. Katakan kepada anak kalau Anda percaya kepadanya. Tekanan semacam itu akan membuatnya bangkit dan tidak berusaha untuk tidak mengecewakan Anda.

9. Kamu sangat berani

Dibutuhkan banyak keberanian bagi seorang anak untuk berurusan dengan beberapa hal menakutkan di usianya, misalnya, membela anak lain yang sedang di-bully.

10. Kamu membuat ibu bahagia hanya dengan menjadi dirimu saja

Anak-anak Anda berhak tahu bahwa kehadiran mereka indah dan eksistensi membuat Anda bahagia.

Jadi, apakah Anda sudah pernah atau bahkan sering mengatakan sepuluh kalimat di atas kepada anak?

Sumber : Kompas.com

 


BERITA TERKAIT