img
asatunews
SEKILAS JAKARTA
  • Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika
  • Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.
  • Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.
  • WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.
  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.
Minggu, 18 Agustus 2013 - 09:50:32 WIB

17-an di Monas! Ada Gelar Seni dan Pawai Budaya

Penulis : ismi novita
Kategori: Liputan Jakarta - Dibaca: 1813 kali

LiputanJakarta.Com - Berwisata sambil ikut lomba 17-an, kenapa tidak? Datang saja ke Monumen Nasional (Monas) pagi ini mulai pukul 10.00 WIB. Ada gelar seni dan pawai budaya serta Monas Jakarta Carnaval.

Kegiatan tersebut adalah hajatan bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dengan Pemprov DKI Jakarta dalam rangka memperingati HUT ke-68 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini melibatkan 33 provinsi dengan jumlah peserta 3000 orang.

 

"Selain berpartisipasi pada pawai budaya nusantara, ikut karnaval bersama dengan provinsi-provinsi yang lain. Terus pesta rakyat di Monas, ada panggung hiburan, ada permainan tradisi seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung," ujar Kepala Dinas Pariwisata DKI Ari Budhiman kepada wartawan Minggu (18/8/2013).

 

Dua kegiatan yang disinergikan ini terdiri atas gelar seni dan pawai budaya yang akan dimulai sejak pukul 14.00 WIB. Dengan lintasan dari Monas sisi timur laut (Pintu Pertamina) masuk ke Istana Negara, keluar dan menyusuri Medan Merdeka Barat melewati Gedung Sapta Pesona, menyusuri Jalan Medan Merdeka Selatan hingga depan Balaikota dan masuk kembali ke area Monas melalui Pintu Tenggara (Pintu Gambir). Setibanya di Pintu Tenggara, kegiatan Monas Jakarta Carnaval (MJC) akan menyambut arak-arakan pawai dengan konsep pesta rakyat.

 

Karya budaya yang akan ditampilkan bertajuk “Saujana Jakarta, Sejauh Mata Memandang”, berisi koreografi yang dibawakan oleh 140 orang diantaranya terdiri dari fantasi dan keajaiban ondel-ondel, tarian dan musik khas Betawi. Lomba-lomba yang diadakan yaitu panjat pinang, balap karung, tarik tambang, makan kerupuk, semangka koin dan permainan anak-anak.

 

"Selain perlombaan, ada pula 60 stand pameran dan bazaar dari 33 provinsi, UMKM dan komunitas," imbuhnya.

 

Di samping panggung hiburan, MJC juga menyediakan panggung pelepasan di sisi timur laut Monas, panggung pengamat di depan Gedung Sapta Pesona dan di depan Balaikota, yang akan diisi hiburan seni budaya Betawi. "DKI jakarta menampilkan ondel-ondel dan tari topeng betawi. Jumlah peserta karnaval DKI 140 orang, kalau karnaval semua provinsi lebih dari 3000 orang pendukung," tuturnya.

 


BERITA TERKAIT