img
asatunews
SEKILAS JAKARTA
  • Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika
  • Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.
  • Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.
  • WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.
  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.
Kamis, 20 Desember 2012 - 10:50:43 WIB

Sidang Fajriska dimulai, Triomacan2000 buron ?

Penulis : redaksi
Kategori: Fashion - Dibaca: 4805 kali

liputanindonesia.com - Jakarta, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kemaren mulai menyidangkan kasus pencemaran nama baik atas Jaksa Agung Muda Pengawasan Marwan Effendi SH. Sesuai dakwaan Jaksa Penuntut Umum, Fajriska dituduh telah mencemarkan nama baik Jamwas ME melalui twitter akun @Fajriska yang kemudian diretwit oleh akun @triomacan2000 sehingga menimbulkan kehebohan di kalangan penegak hukum dan masyarakat.

Tuduhan yang disampaikan akun @fajriska itu tidak main-main. Jamwas Marwan Effendi yang juga mantan Jampidusu Kejagung RI ini dituduh korupsi dan mengelapkan uang nasabah BRI dan uang BRI sebesar Rp. 280.5 milyar pada tahun 2003 saat Marwan Effendi menjabat sebagai Aspidus Kejati DKI.

Tuduhan akun @fajriska yang dilengkapi dengan sejumlah data -data itu kemudian diretwit oleh akun @triomacan2000 yang fenomenal itu. Akun @triomacan2000 memang dikenal luas sebagai akun antikorupsi yang gencar membongkar kasus - kasus korupsi di Indonesia.

Ketika pengadilan perkara pencemaran nama baik yang dituduhkan kepada Fajriksa SH yang dianggap sebagai pemilik akun @fajriska oleh Marwan Effendi digelar, akun twitter @triomacan2000 sempat menuliskan twitkan : sidang fajriska dimulai. Kami akan hadir. Mari kita saksikan bersama-sama, mana yang menang Hukum vs Mafia !

Pers, aktivis antikorupsi dan pengamat hukum banyak yang menghadiri sidang fajriksa kemarin, namun tidak ada yang mengetahui apakah admin @triomacan2000 turut hadir menyaksikan sidang pengadilan tersebut. Beredar rumors admin @triomacan2000 sudah buron. Benarkah? Kemana?

Sidang digelar pukul 11.45 WIB di PN Jakarta Selatan, Jl. Ampera Raya, Jakarta, Rabu (19/12/2012). Bertindak selaku hakim ketua adalah Yonisman dengan anggota Maman M Ambari dan Usman. Sementara dakwaan dibacakan oleh jaksa penuntut umum Arief Indra Kusuma Adhi.

Dalam sidang yang berlangsung selama 1 jam itu, JPU mendakwa Fajriska dengan dua pasal. Untuk dakwaan primair, pemilik akun @fajriska itu diduga telah sengaja mendistribusikan dokumen elektronik yang memuat penghinaan atau pencemaran nama baik.

"Dia diduga melanggar pasal 27 ayat 3 juncto pasal 45 ayat 1 UU no 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," ujar Jaksa Arief.

Pasal tersebut mengandung ancaman:

Setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3), Pasal 28, Pasal 29, Pasal 30 ayat (1), Pasal 30 ayat (2), Pasal 30 ayat (3), Pasal 30 ayat (4), Pasal 33 ayat (2), atau Pasal 34, dipidana dengan pidana penjara paling lama 8 (delapan) tahun dan atau denda paling banyak Rp.2.000.000.000.,- (dua miliar rupiah).

Fajriska juga dijerat pasal subsidair yakni pengaduan dan pemberitahuan palsu kepada penguasa sehingga kehormatan atau nama baiknya terserang.

"Diancam pidana dalam pasal 317 ayat 1 KUHP tentang pencemaran nama baik," sambung Arief.

BERITA TERKAIT