img
asatunews
SEKILAS JAKARTA
  • Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika
  • Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.
  • Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.
  • WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.
  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.
Kamis, 20 September 2018 - 14:30:22 WIB

Jelang HUT 73 TNI, Panglima Hadi dan kepala staf ziarah ke makam Soeharto

Penulis : oriza sativa
Kategori: Liputan Jakarta - Dibaca: 124 kali

Menyambut HUT ke-73 TNI pada 5 Oktober mendatang, Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto berziarah ke makam Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto, Kamis (20/9). Hadi tiba di makam penguasa Orde Baru, Astana Giribangun, Kecamatan Matesih, Karanganyar sekitar pukul 9.00 WIB, dampingi isti dan seluruh kepala staf.

Yakni Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono, Kepala Staf Angkatan Lautner (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Aji dan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Yuyu Sutisna serta dihadiri juga Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Condro Kirono.

Selain peletakan karangan bunga, rombongan juga melakukan tabur bunga ke makam Presiden ke-2, dan makam Ibu Tien Soeharto, yang saling berdampingan. Kepada wartawan, Panglima mengaku ziarah tersebut dilakukan sebagai kegiatan rutin tahun dalam menyambut Hari Ulah Tahun (HUT) TNI. Bagi TNI, Soeharto merupakan tokoh besar yang berjasa dalam kemajuan Indonesia.

"Pak Harto itu bapak pembangunan dan tokoh besar. Makanya beliau diberikan gelar Jenderal Besar," ujar Hadi.

Setelah Panglima TNI, tabur bunga juga dilakukan oleh KSAD, KSAU dan KSAL. Kegiatan tabur bunga dilanjutkan berlangsung lebih kurang 30 menit. Selain Soeharto, sebelumnya Panglima dan rombongan juga berziarah ke makam Presiden pertama RI, Ir. Soekarno dan Presiden ke-4 Gusdur.

"Ini kegiatan tahunan, tujuannya agar para generasi penerus, termasuk generasi milenial menghargai nilai-nilai yang sudah ditanamkan oleh para tokoh-tokoh nasional," katanya.

Selain itu, lanjut dia, juga untuk tetap menjaga keutuhan NKRI. Panglima juga memberikan pengarahan dan wejangan kepada seluruh prajurit untuk tetap pada satu tujuan yang sudah ditanamkan oleh para pendahulu.

Lebih lanjut Panglima mengatakan, tahun ini, peringatan HUT TNI akan dilaksanakan secara sederhana. Berbeda dengan dua tahun sebelumnya upacara dilaksanakan secara besar-besaran.

"Tahun ini ada empat titik yang akan menjadi pusat peringatan HUT ke-73 TNI. Yakni di Merauke, Sabang, Pulau Rote dan Pulau Mangas," jelasnya.

Menurut dia, di Merauke nanti dirinya akan menjadi irup (inspektur upacara). Seluruh kepala staf juga akan hadir. Kedua di Sabang, dihadiri kepala staf umum TNI. Ketiga di Pulau Rote, irup Pangdam IX/Udayana. Keempat di Miangas, irup Pangdam XIII/Merdeka," ujar dia.

" Saya berpesan kepada para prajurit agar terus menjadi prajurit yang profesional. Prajurit juga harus bekerja untuk rakyat. Sesuai dengan moto yang diangkat, Profesionalisme TNI Untuk Rakyat," tutupnya.

BERITA TERKAIT