img
asatunews
SEKILAS JAKARTA
  • Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika
  • Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.
  • Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.
  • WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.
  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.
Sabtu, 26 Maret 2016 - 20:20:34 WIB

Aplikasi Taksi Online Selain Grabcar dan Uber

Penulis : Rini Puspasari
Kategori: Ekonomi Bisnis - Dibaca: 550 kali

JAKARTA - Jasa pelayanan transportasi kini menjadi primadona kota besar di Indonesia. Ini membuat sejumlah perusahaan jasa transportasi mulai melirik aplikasi online untuk menjaring konsumen lebih banyak.

Belum lama ini, sejumlah sopir taksi melakukan unjuk rasa dan meminta pemerintah menutup taksi yang berjalan dengan sistim aplikasi online yakni Grabcar dan Uber. Siapa saja sebenarnya perusahaan jasa yang sudah menggunakan sistim aplikasi online selain Grabcar dan Uber?

My Blue Bird

Aplikasi Online ini dibuat secara resmi oleh Blue Bird Group. Dalam keterangan di Play Store, aplikasi ini sengaja dibuat Blue Bird untuk memudahkan konsumen mendapatkan taksi.

“Aplikasi ini untuk membantu Anda melakukan pemesanan taksi lebih mudah, dari mana saja dan menunjukkan posisi taksi Anda di peta. Pencarian taksi akan dilakukan dengan taksi terdekat tersedia di sekitar.”

Aplikasi yang dibuat sejak 9 Desember 2015, sudah diunduh 500 ribu-1 juta pengguna. Untuk mengundurnya, Anda harus menyiapkan ruang 3,4 MB dan syarat Gigerbread (2.3) ke atas.

myTRIP

Tidak mau kalah dengan Blue Bird, PT Express Transindo Utama Tbk (Express Group) meluncurkan aplikasi Online serupa. Di tangani anak perusahaan PT Solusi Integrasi Transportasi Utama, aplikasi ini resmi diperkenalkan pada 18 Maret 2016.

“myTRIP adalah transportasi umum di Indonesia yang diciptakan untuk mendukung inisiatif pemerintah mengurangi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar di Indonesia. Dengan kemudahan pengguna untuk memesan taksi dan angkutan umum lainnya, diharapkan dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi,” tulis myTrip di Playstore.

Sejak diluncurkan, aplikasi ini sudah diunduh 1.000-5.000 pengguna. Untuk mengundurnya Anda harus menyiapkan ruang kosong di ponsel sebesar 12 MB.

Jogja Taxi Indonesia

Aplikasi Online lainnya yakni Jogja Taxi. Dalam keterangannya di Play Store, aplikasi ini memudahkan Anda dalam memesan taksi di Yogya.

“Cukup melalui smartphone dengan teknologi GPS, Anda cukup klik dan Anda akan dicarikan taksi terdekat dengan lokasi Anda. Jogja Taxi didukung oleh Taxi Pataga yang nantinya akan disupport oleh taksi-taksi di Yogya,” tulisnya dalam Play Store.

Untuk keamanan, Jogja Taxi Indonesia akan memberikan identitas sopir bahkan Anda dapat memberi rating secara langsung kepada pelayanan si sopir. Aplikasi ini dibuat 8 Januari 2016 dan sudah diinstal 500-1.000 pengguna. Untuk mendapatkannya, Anda harus memiliki ruang kosong di ponsel sebesar 3,3 MB.

BERITA TERKAIT