img
asatunews
SEKILAS JAKARTA
  • Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika
  • Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.
  • Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.
  • WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.
  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.
Kamis, 27 November 2014 - 21:50:30 WIB

INOVASI SEMAKIN MENJADI “MOTOR” UTAMA PENGGERAK BISNIS KAUM MUDA DI TANAH AIR.

Penulis : rizal
Kategori: Ragam Berita - Dibaca: 2495 kali

Liputan Jakarta.Com - PT Shell Indonesia mencatat momen penting pada perayaan sewindu penyelenggaraan Shell LiveWIRE Business Start-up Awards (BSA) di Indonesia pada tahun ini. Dengan mengedepankan inovasi yang menjadi motor penggerak utama ajang pemilihan wirausaha muda pemula, Shell LiveWIRE BSA telah banyak menghasilkan wirausaha muda  cemerlang sejak tahun 2006. Tahun 2014 ini,  inovasi yang makin bervariasi tercermin dalam bisnis yang dikelola para peserta .

Seperti inovasi yang ditampilkan  Ketut Gede Budhi Riyanta dalam bisnis  produk bidai fraktur tulang universal dengan sistem koneksi Hook & Loop yang diperuntukan untuk pasien patah tulang atau cidera pada tulang, PUZZLE SPLINT. Produk bidai fraktur Puzzle Splint mengusung empat inovasi sekaligus yaitu ukuran tiap unit Puzzle Splint yang homogen dan menggunakan sistem interkoneksi Hook dan Loop yang akan membuat proses pemasangan menjadi sangat fleksibel dan cepat,   sesuai untuk X-Ray, CT Scan dan MRI, memiliki sifat hypoalergenic (tidak menimbulkan alergi) pada kulit pasien dan produk ini dapat disterilisasi dan  dipakai berulang-ulang.

 

Atau, Ardhi Setyo Putranto dengan inovasi teknologi yang ditampilkan lewat produk keripik pisangnya yang ditujukan bagi penderita diabetes, BANANA QUEEN. Ardhi berhasil memanfaatkan teknologi yang bisa menurunkan titik didih minyak sehingga saat gula bertemu panas tidak menjadi kecoklatan dan membuat pisang tetap manis dan kuning.  Produk ini pun menyasar segmen pasar yang sangat spesifik yaitu para penderita diabetes dan bahkan telah menjangkau pasar negara lain yaitu Malaysia dan Belanda.

 

Mereka berdua adalah dua diantara 14 finalis yang berhasil dijaring dari beberapa tahapan seleksi. Mulai dari seleksi  formulir, administrasi hingga penjurian yang berakhir pada tanggal 26 November 2014 lalu. Untuk tahun ini,  10 finalis yang berhasil meraih predikat “Pemenang Shell LiveWIRE  BSA 2014” adalah  Agatha Virdhi Saputra  (Agatha Pratama  Agro Tekno Jamuran, Jawa Timur), Ardhi Setyo Putranto (Kripik pisang “Banana Queen”, Jawa Tengah), Erika Ernawati Simangunsong (Sabun Kecantikan “Keyra”, Jawa Barat), Irham Hadi Pratama (Spiku kukus “SPIKUS”, Jawa Timur), Ivan Yahya Adhiteja (furnitur “IZEMU”,  Jawa Barat),  Kelvin Subowo  (Keripik Kentang Ebi “Kresley”,  DKI Jakarta), Ketut Gede Budhi Riyanta (Bidai Fraktur Tulang Universal Sistem Hook & Loop “PUZZLE SPLINT”, Bali),  M. Candra Wijanadi  (Layanan Kesehatan “Hippocrates Medical Homecare”, Bali),  Raden Nanda Teguh Perkasa (Miniatur Tanaman Mini “Little Gardenia”, Jawa Barat) dan  Rama Pratama (Dry-Aged Steak “The Broandco”, DKI Jakarta).  Selain itu, Shell juga memberikan gelar penghargaan kepada dua pemenang lainnya untuk kategori Ecopreneur dan Sociopreneur yaitu  Ivan Yahya Adhiteja (furnitur “IZEMU”, Jawa Barat) dan Agatha Virdhi Saputra (Agatha Pratama  Agro Tekno Jamuran, Jawa Timur).

 

Tahun ini menandai perayaan sewindu Shell LiveWIRE Business Start-up Awards 2014, kami ingin senantiasa memberikan dukungan positif dalam pencapaian kemakmuran Indonesia melalui upaya-upaya yang memotivasi generasi muda untuk menjadikan wirausaha sebagai pilihan karir. Dengan mengusung tema Inovasi yang merupakan elemen utama dalam Business Start-up Awards 2014 kali ini, kami berharap inovasi dapat menjadi motor penggerak utama para wirausaha muda Indonesia. Kami yakin mereka mampu bersaing dan membangun ketahanan ekonomi nasional menghadapi era perdagangan bebas 2015, kata Darwin Silalahi,  Presiden Direktur PT Shell Indonesia.

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri Shell LiveWIRE BSA 2014,  Yos Sunitiyoso, Ph D, yang juga Direktur Program Studi MBS School of Business Management  Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan bahwa keragaman usaha yang digeluti para finalis tahun ini  memperlihatkan bagaimana inovasi menjadi nilai tambah sekaligus daya saing produk mereka. Inovasi tidak selalu diartikan menghasilkan sesuatu yang baru sama sekali. Inovasi adalah memberikan nilai tambah baru kepada sebuah produk baik itu dari sisi bahan baku, proses produksi maupun pemasarannya sehingga memberikan daya saing baru bagi sebuah produk.

 

“Tahun ini banyak kejutan inovasi dari para finalis yang berasal dari luar Jakarta. Inovasi inilah yang menjadi nilai tambah dan meningkatkan daya saing produk mereka hingga bisa merambah ke Jakarta dan bahkan kota besar lainnya. Mereka yang menjadi pemenang tahun ini adalah yang berhasil menjadikan inovasi sebagai nilai tambah sekaligus daya saing bagi produknya,” kata Yos.

Kesempatan Masuk Shell LiveWIRE International Hall of Fame

Kepada 10 pemenang Shell LiveWIRE BSA 2014, Shell Indonesia memberikan hadiah uang tunai sebesar  Rp 25 juta per orang serta mendapat kesempatan mengikuti coaching selama 2 tahun. Selain itu, para pemenang pun berkesempatan masuk ke “Shell LiveWIRE International Hall of Fame” yang merupakan kelompok wirausaha terbaik yang mendapatkan manfaat dari program Shell LiveWIRE di seluruh dunia.  Saat ini, ada 23 orang pemenang Shell LiveWIRE dari seluruh dunia yang masuk ke dalam Shell LiveWIRE International Hall of Fame. Empat diantaranya adalah pemenang Shell LiveWIRE BSA dari Indonesia. Tahun ini  dua pemenang Shell LiveWIRE BSA dari Indonesia yaitu Ivan Kurniawan, pemenang BSA 2011 yang menjalankan bisnisnya  Lazuli Sarae dan Fajar Ciptandi, pemenang  BSA 2013 dengan bisnisnya Dwaya Manikam, telah dinobatkan masuk dalam  Shell LiveWIRE International Hall of Fametahun ini.

 


BERITA TERKAIT